Cara Buat Blog - MAXTIPS

Penyedia Tips dan Trik Terbaru

Breaking

Wednesday, March 8, 2023

Cara Buat Blog



Cara Buat Blog

Blog adalah sebuah jenis website yang memuat konten berupa tulisan dalam berbagai topik. Pada umumnya, tulisan blog akan ditayangkan dari konten paling baru hingga konten paling lama. Blog sendiri memiliki berbagai macam kategori, seperti majalah digital, jurnal online, artikel pembelajaran, dan tutorial. Meskipun berisikan tulisan, blog juga bisa dilengkapi dengan konten visual, seperti gambar, video, hingga infografis.


Dengan mempelajari cara membuat blog pribadi, kamu juga dapat membangun website portofolio pribadi yang dapat digunakan untuk memajukan karier kamu. Lantas, bagaimana cara buat blog? Berikut informasi lengkapnya.


1. Tentukan niche blog

Sebelum mulai membuat blog, kamu perlu menentukan topik apa saja yang akan dibahas dalam blog tersebut. Jika kamu sedang mengembangkan website untuk bisnis online milikmu, kamu sebaiknya menulis seputar produk atau jasa yang kamu jual. Pemilihan niche blog yang tepat juga dapat membangun reputasi website-mu dalam topik tersebut.


Sebagai informasi, niche adalah sekumpulan topik yang menjadi area fokus dari sebuah blog. Jika kamu menjual jasa digital marketing, menulis blog yang berisi tips, tutorial, dan berita seputar digital marketing akan membantu meningkatkan brand awareness sebagai ahli di bidangnya.


2. Pilih platform blogging

Setelah menentukan niche blog, cara buat blog yang selanjutnya adalah memilih platform. Pada dasarnya, platform blogging adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten dalam sebuah blog. Secara garis besar, terdapat dua jenis platform blogging, yaitu platform gratis dan platform self-hosted.


Platform gratis yang dimaksud adalah Blogger, WordPress.com, Wix, atau Tumblr. Platform tersebut memang sangat mudah digunakan dan tidak perlu biaya sepeserpun. Sementara itu, platform self-hosted adalah jenis software untuk membuat blog di mana kamu dapat mengubah seluruh pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.


3. Tentukan nama domain

Domain adalah alamat URL unik yang dimiliki setiap website agar pengguna lebih mudah mengenalinya. Meskipun tidak secara langsung berdampak terhadap kesuksesan sebuah blog, pemilihan nama domain yang sesuai dengan nama usaha atau konten blog akan berperan penting dalam mempercepat pertumbuhan situsmu.


Jika kamu ingin membuat blog tentang perkebunan, alamat URL yang relevan seperti belajarberkebun.com akan memberikan gambaran yang jelas terhadap pengguna dan search engine mengenai konten yang ada di dalamnya.


Apabila kamu telah memiliki nama domain yang ingin digunakan, kamu dapat memeriksa ketersediaan. harga, dan kemudian membelinya di halaman cek domain Dewaweb.


4. Instal platform blogging

Kini kamu sudah mempunyai dua hal yang diperlukan untuk membuat website untuk blog, yaitu hosting dan domain.  Jika tadi kamu belum memilih CMS (Content Management System) untuk dipasang secara otomatis, kamu dapat melakukannya secara manual dengan mudah. CMS memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi kamu yang ingin memulai blog atau website sendiri:


Membantu membangun website atau blog tanpa pengetahuan programming atau coding.

Mempermudah proses penulisan konten secara langsung.

Membantu meningkatkan efisiensi pembuatan konten tanpa perlu mengkhawatirkan sisi teknis dari website.

Mempermudah penambahan fitur baru dengan plugin.

Menyederhanakan proses pengaturan tampilan blog dengan tema atau template gratis.

Saat ini terdapat tiga CMS yang paling populer digunakan di seluruh dunia, yaitu WordPress, Drupal, dan Joomla.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad