Kenalan dengan White Hat Hackers dan Black Hat Hackers Yuk! - MAXTIPS

Penyedia Tips dan Trik Terbaru

Breaking

Thursday, May 25, 2017

Kenalan dengan White Hat Hackers dan Black Hat Hackers Yuk!

Kenalan dengan White Hat Hackers dan Black Hat Hackers Yuk!
Selamat malam! Pernah dengar kata Hacker atau Peretas kan? Emang apa sih Hacker itu? Pekerjaannya apa sih? Untungnya buat mereka itu apa sih? Atau kenapa mereka melakukan peretasan? Pasti kalian pernah berfikir demikian! Hacker itu terbagi menjadi 2 golongan, untuk lebih jelasnya, mari kita simak!

  • Hacker

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, dan memodifikasi suatu jaringan atau software, yang digunakan untuk menerobos masuk ke dalam suatu komputer, website ataupun sejenisnya demi keuntungan pribadi atau kelompok, atau bisa juga hanya terdorong oleh motivasi.

  • Cara Kerja Seorang Hacker

Hacker memiliki banyak metode dalam melakukan peretasan, namun pada umumnya metode-metode tersebut dapat digolongkan sebagai berikut :

  1. Footprinting, merupakan metode Hacking yang digunakan untuk mengumpulkan data korban.
  2. Scanning, merupakan proses pencarian jalan masuk pada sistem keamanan korban.
  3. Gaining Access, merupakan usaha untuk mendapatkan lebih banyak informasi untuk memulai peretasan.
  4. Escalating Privilege, apabila user dan password telah didapatkan di tahap sebelumnya, pada tahap ini di usahakan untuk mendapat privilese admin jaringan.
  5. Pilfering, merupakan proses pengumpulan data untuk mengidentifikasi suatu mekanisme jaringan atau komputer, agar dapat memasuki sistem utama.
  6. Convering Tracks, merupakan proses pembersihan jejak Hacking pada suatu sistem.
  7. Creating Backdoors, merupakan proses untuk membuat backdoors pada suatu sistem agar mudah untuk mengakses kembali sistem tersebut.

  • White Hat Hackers

Tidak selamanya Hacker itu berbau CyberCrime, banyak Hacker yang mendedikasikan kemampuannya untuk membantu orang lain. White Hat Hackers merupakan Hacker yang memfokuskan diri untuk melindungi sebuah sistem, ia akan menunjukkan kelemahan sebuah sistem agar diperbaiki dan agar tidak mudah diterobos oleh Hacker lain. White Hat Hackers merupakan orang yang ahli dalam bidang keamanan komputer, yang bertugas untuk menguji dan memastikan keamanan suatu sistem.

  • Black Hat Hackers

Kebalikan dari White Hat Hackers, Black Hat Hackers merupakan orang yang berfokus untuk menerobos suatu sistem keamanan. Tujuan mereka dalam menerobos suatu keamanan, biasanya demi suatu keuntungan ataupun hanya untuk bersenang-senang. Tidak hanya itu, mereka juga biasa membuat virus virus baru yang sulit untuk dibersihkan demi keuntungan pribadi ataupun kelompok, diantara virus tersebut salah satunya adalah virus WannaCry.

(Baca Juga Cara BackUp Files pada Microsoft Windows yang terkena WannaCry.)


Jadi, kalian memilih kubu yang mana?

Kenalan dengan White Hat Hackers dan Black Hat Hackers Yuk!

-Terima Kasih-

    No comments:

    Post a Comment

    Post Top Ad