Penyebab Bad Sector Pada Hardisk - MAXTIPS

Penyedia Tips dan Trik Terbaru

Breaking

Sunday, August 20, 2017

Penyebab Bad Sector Pada Hardisk

Penyebab Bad Sector Pada Hardisk
Setelah sekian lama tidak memposting artikel, kali ini saya akan membahas tentang bahaya mematikan PC menggunakan tombol power ataupun langsung mematikannya dengan mencabut aliran listrik pada PC. Oke, silahkan disimak!

Baca Juga : Kuota Internet Cepat Habis Saat Digunakan Bermain Game Online? Inilah Solusinya.

  • Apa yang Terjadi Saat Kita Mematikan Power PC Secara Paksa?

Apa kalian pernah mematikan PC dengan menekan tombol power? jika pernah berhentilah melakukan hal itu. Karena hal itu berpengaruh kepada Hardisk pada PC. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya Bad Sector pada hardisk, walaupun begitu banyak juga yang mempengaruhi terjadinya bad sector pada hardisk. Ada 2 tipe bad sector pada hardisk, yaitu "hard dan soft".

Penyebab Bad Sector Pada Hardisk

  • Penyebab Terjadinya Bad Sector Pada Hardisk

Pada Hardisk Magnet, hal ini biasa terjadi karena terjadinya gesekan antara jarum pembaca dengan lempengan haedisk. Saat jarum pembaca berada di tengah lempeng dan kalian tiba tiba mematikan PC dengan tombol power, maka jarum pembaca akan langsung berpindah ke tepi hardisk tanpa melalui proses sehingga dapat menimbulkan gesekan. Debu juga dapat menjadi penyebab terjadinya bad sector, arus listrik yang tidak setabil, ataupun hardisk yang terjatuh merupakan penyebab terjadinya Hard Bad Sector. Sedangkan terjadinya Soft Bad Sector, dikarenakan proses Shut Down yang tidak benar ataupun karena serangan Virus. 

  • Akibat Yang Terjadi Saat PC Mengalami Bad Sector

PC yang mengalami Bad Sector, pada umumnya data yang di dalamnya akan hilang atau tidak bisa dibuka. Jadi sering seringlah melakukan back up data penting pada hardisk.

  • Cara Mencegah Hard Bad Sector

1. Pastikan tempat PC kalian selalu bersih dan bebas debu.
2. Jangan pindahkan komputer saat sedang menyala.
3. Gunakan UPS agar komputer tidak mati mendadak saat lampu mati.

  • Cara Mencegah Soft Bad Sector

1. Pastikan Antivirus merupakan versi terbaru dan lakukan scan secara berkala. 

-Terima Kasih-

1 comment:

Post Top Ad