Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk! - MAXTIPS

Penyedia Tips dan Trik Terbaru

Breaking

Thursday, August 24, 2017

Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk!

Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk!

Hei! Bertemu lagi dengan saya. Agar tidak bosan, bagaimana kalau malam ini kita belajar Sejarah Komputer atau PCv yang pastinya sering kalian gunakan. Ayo kita pelajari dari sejak pertama kali komputer dibuat!

Proses pengolahan data sejak dahulu sudah dipelajari oleh manusia, karena kebutuhan zaman, manusia pun membuat alat bantu agar pengolahan data yang mereka lakukan dapat semakin cepat. Dengan pembuatan komputer, manusia dapat mengolah data berpuluh kali lebih cepat. Komputer yang kita gunakan saat ini, merupakan evolusi dari penemuan manusia sejak dulu.
  • Periode Komputer Menurut Sejarahnya

1. Kalkulator Mekanik dan Alat Hitung Tradisional.
2. Komputer Generasi 1.
3. Komputer Generasi 2.
4. Komputer Generasi 3.
5. Komputer Generasi 4.
6. Komputer Generasi 5.

Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk!

1.  Komputer Generasi Pertama (1946 - 1959)

Saat perang dunia 2 terjadi, negara negara yang ikut serta dalam perang dunia 2 berlomba - lomba untuk mengembangkan teknologi komputer. Hal ini meningkatkan perkembangan teknologi komputer pada masa itu.

Ciri - Ciri Komputer Generasi Pertama :

  • Ukurannya sangat besar, hal itu dikarenakan penggunaan tube vakum pada komputer masa itu.
  • Untuk tugas tertentu, dibuatlah instruksi secara spesifik agar komputer dapat menyelesaikannya.
  • Komputer pada masa itu, memiliki kode biner yang berbeda atau juga disebut bahasa mesin yang mengakibatkan kesulitan dalam pemrograman dan menyebabkan kinerja yang lambat.
  • Memiliki silinder magnetik yang berfungsi sebagai media penyimpan.

Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk!

2. Komputer Generasi Kedua (1959 - 1964)

Pada masa ini, ditemukanlah superkomputer yang menjadi awal penemuan komputer generasi kedua. Superkomputer pada masa ini dinamai Stretch dan LARC yang dibuat oleh perusahaan IBM dan Sprery Rand.  Kedua superkomputer ini dikembangakan untuk kebutuhan laboratorium atom. 

Pada awal 1960an, muncullah komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor .

Ciri - Ciri Komputer Generasi Kedua :

  • Penggunaan transistor.
  • Adanya pengembangan memori intimagnetik, sehingga komputer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi.
  • Penggantian bahasa mesin menjadi bahasa Asembly.
  • Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)

Penggunaan transistor pada komputer generasi kedua, memiliki kelemahan yaitu panasnya suhu yang dihasilkan oleh transistor yang berpotensi merusak hardware yang ada di dalamnya. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sebuah teknologi IC (Integrated Circuit) yang mengombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil dari pasir kuarsa. 

Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan komponen lebih banyak di dalam chip tunggal yang bernama semikonduktor  yang menjadikan komputer generasi ketiga ini semakin kecil. Dalam perkembangannya, komputer generasi ketiga telah menggunakan operasi sistem yang memungkinkan mesin menjalankan banyak program bersamaan dengan bantuan program utama yang mengawasi serta mengontrol kerja memori.

Ciri - Ciri Komputer Generasi Ketiga :

  • Penggunaan Sistem Operasi.
  • Penggunaan IC (Integrated Circuit).
  • Ukuran Komputer yang Lebih Kecil.

Belajar Sejarah Tentang Komputer Yuk!


4. Komputer Generasi Keempat (1979 - Sekarang)


Setelah keberhasilan dalam penggunaan IC, pengembangan komputer menjadi lebih jelas. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971, membawa kemajuan berupa penempatan seluruh komponen komputer (CPU, memori, dan kendali I/O) dalam satu chip kecil. Perkembangan yang demikian, menyebabkan orang - orang dapat menggunakan komputer di rumah. Pada tahun 1991, IBM memperkenalkan penggunaan personal komputer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. 

Ciri - Ciri Komputer Generasi Keempat :

  • Penggunaan LSI, VLSI, dan ULSI.
  • Penggunaan Mikroprosessor.


- Terima Kasih -

1 comment:

Post Top Ad