Perbandingan Blogger dan Wordpress Beserta Pembahasan - MAXTIPS

Penyedia Tips dan Trik Terbaru

Breaking

Monday, March 5, 2018

Perbandingan Blogger dan Wordpress Beserta Pembahasan

Selamat malam! Kali ini saya akan membagikan artikel tentang Perbedaan Blogspot dan Wordpress. Banyak penulis yang awalnya bingung antara menggunakan Blogger atau WordPress, namun fungsi dari Blogspot dan Wordpress sendiri sebenarnya sama hanya saja  terdapat kelebihan dan kekurangan dari masing masing CMS. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan disimak!

Pengertian CMS (Content Management System)

CMS merupakan singkatan dari Content Management System merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah para penulis untuk menulis di internet tanpa harus memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Maksudnya adalah kita dapat menulis, mengunggah gambar atau vidio pada suatu situs tanpa harus melakukan koding menggunakan HTML. Biasanya, CMS digunakan untuk situs web atau blog. Pada umumnya, CMS pada umumnya terdiri dari dua elemen yaitu :
  1.  CMA (Content Management Application), yang berfungsi untuk mengolah data seperti tulisan, gambar, dan video.
  2. CDA (Content Delivery Application), yang berfungsi untuk mempublikasi hasil dari CMA pada situs web penulis. 
Beberapa Aplikasi CMS di Internet :
  • Blogger
  • Wordpress
  • Joomla
  • Drupal
  • Plone
  • VBulletin 
  • Moodle
  • MediaWiki
  • Osclass
  • Opencart 
 
 Baca Juga : Cara Mudah Diterima Adsense

Apa itu Blogger

 
Blogger adalah sebuah layanan CMS yang memungkinkan penulis untuk menayangkan situs pribadi mereka. Blogger diluncurkan pertama kali oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999. Pada bulan Februari 2003, pihak Google membeli perusahaan Pyra Labs yang menjadikan layanan Blogger menjadi gratis. Pada tahun 2006, Blogger meluncurkan versi beta terbarunya sehingga seluruh data sebelumnya dipindahkan ke server Google.

Apa itu WordPress

 
WordPress merupakan sebuah program gratis yang terdiri dari bahasa pemrograman PHP dan data base MySQL. Seperti halnya Blogger, WordPress juga merupakan sebuah CMS yang memungkinkan seorang penulis  mempublikasikan tulisannya ke dalam sebuah website atau blog. WordPress merupakan penerus dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrigi. WordPress pertama kali dikenalkan pada 2003.


Perbedaan Antara Blogger dan WordPress

Ada beberapa hal yang membandingkan antara Blogger dan WordPress, sebagai berikut :

Segi Penulisan Artikel

Sering sekali para penulis memanfaatkan Microsoft Word dalam menulis artikel mereka secara offline sebelum dipublikasikan. Namun Blogger tidak mendukung fitur Copy Paste dari Microsoft Word, sehingga saat melakukan Copy Paste dari Microsoft Word ke Blogger maka hasilnya pun akan acak dan harus menata ulang. Berbeda dengan WordPress yang sudah mendukung format penulisan offline dari Microsoft Word. Jadi ara penulis tidak perlu repot repot mengedit lagi tulisan mereka sebelum dipublikasi.

Segi SEO (Search Engine Optimization)

Pada Blogger, kita memiliki tiga pilihan untuk mengoptimalkan mesin pencari. Untuk yang pertama dengan menggunakan deskripsi artikel, kedua dengan cara ALT Text pada gambar, dan ketiga dengan cara mempersingkat link. Namun pada WordPress, kita hanya bisa mengoptimalkan mesin pencari dengan mempersingkat link saja.

Segi Tema atau Template

Untuk Blogger, banyak tema gratis yang beredar di internet dan ada juga beberapa yang berbayar. Namun pada WordPress, kebanyakan template merupakan template premium yang berbayar, tapi ada juga yang gratis namun sangat jarang ditemui.

Segi Widget dan Plugin

Pada Blogger, penulis hanya dapat menggunakan Widget atau Plugin yang sudah disediakan oleh CMS Blogger dan jika ingin menambahkan Widget atau Plugin lain, maka penulis harus membuatnya sendiri dengan cara koding. Namun pada WordPress, penulis dapat mengunduh Widget atau Plugin yang bisa didapat di internet, namun Widget atau Plugin tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Segi Editing Gambar

Pada Blogger, penulis tidak bisa mengedit gambar yang mereka unggah, namun hanya bisa mengubah ukurannya. Berbeda dengan WordPress yang memiliki plugin untuk mengedit gambar yang penulis unggah.

Baca Juga : Cara Cegah Jingling

9 comments:

  1. Kalau masih baru dalam dunia blog lebih bagus menggunakan Blogger atau WordPress gan? ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya sendiri sih lebih mudah pakai blogger soalnya nggak terlalu banyak menu yang bikin ribet dan bingung gan

      Delete
  2. info menarik,banyak yang belum tahu perbandingan antara 2 platform blog ini,nice info bro

    ReplyDelete
  3. kalu memang hanya sekedara hoby saja saya kira lebih baik pake blogger ,, namun jika anda mengrah ke dunia bisnis wordpress yang paling cocok

    ReplyDelete
  4. jadi makin tertarik ma wordpress, tp sayang nya harus pake hosting sendiri ya gan klo wordpress

    ReplyDelete
  5. platform yang umum digunakan, namun tetap perlu pertimbangan.. nice artikel gan

    ReplyDelete
  6. semua punya kekurangan dan kelebihan, thanks infonya gan.

    ReplyDelete
  7. sampai sekarang sih saya masih betah di blogger. wlaupun wp ckup mnggiurkan

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya gan. Saya juga ingin mencoba menggunakan wp seperti nya menarik juga hehe

    ReplyDelete

Post Top Ad